Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Error Set Game Cache Failed Pada CCBoot Work 100%

Beberapa hari yang lalu warnet saya mengalami gangguan ketika semua pc client sedang online dan digunakan untuk ngegame. Tiba-tiba saja lag atau not responding. Kalau hanya lag biasa sih mungkin sering terjadi di warnet saya. Tapi yang ini lagnya parah, freeze hitungan menit. Contoh, misalkan ada 1 pc client yang sedang running game berat seperti Rainbow Six Siege, Apex Legends, For Honor atau kadang malah cuma main Dota 2 saja bisa bikin semua pc sewarnet macet. Ketika saya lihat log di CCBoot server terdapat tulisan error seperti ini :
*** Error *** Set game cache failed. drive: E ram: 2048 ssd: 0 reason: 0x1f A device attached to the system is not functioning.
Server diskless saya menggunakan 2 HDD dan 3 SSD. OS dan Game Disk menggunakan HDD. Sedangkan image, ssd game cache, dan writeback menggunakan SSD.

Drive CCBoot Server
Drive CCBoot Server
Ketika terjadi lag parah di warnet, saya lihat nilai idle (%) pada drive D (Game) berada di angka 0 (kotak no 1). Kok bisa betah di angka 0? Padahal SSD Cache (M) di drive D (Game) sudah memakai drive F (SSD) (kotak no 2). Saya perhatikan Free Space pada drive F (SSD) masih utuh (kotak no 3). Berarti SSD Cache untuk Game Disk memang tidak berfungsi. Harusnya tersisa sekitar 5,9 GB karena yang 50.000 MB (sekitar 50GB) saya gunakan untuk cache Game Disk. Untuk idle (%) dari drive F (SSD) juga sepertinya tidak berjalan karena bertahan di angka 100 (kotak no 4).
Untuk keadaan normal seharusnya prosesnya seperti ini : Jika pc client sedang running game biasanya nilai idle Game Disk dan SSD akan berubah-ubah, tidak tetap di 100. Jika idle dari drive F (SSD) tetap di angka 100 berarti SSD Cache untuk Game Disk tidak berfungsi. Itulah sebabnya kenapa muncul error log *** Error *** Set game cache failed yang mengakibatkan semua pc di warnet saya jadi macet / freeze.

1. Cek Kesehatan SSD.
Cek kesehatan SSD. Apakah SSD masih bisa melakukan write and read? Jika SSD sudah tidak bisa digunakan untuk write atau ada bad sector. Berarti SSDnya harus diganti.

2. Cek Kabel SATA.
Cek kabel power dan kabel SATA yang terhubung ke SSD. Ganti kabel jika tidak berfungsi.

Sekarang coba tes running game di pc client. Apakah masih lag / prosesnya lama? Apakah idle Game Disk tiba-tiba drop ke angka 0 dan SSD tetap di angka 100? Seharusnya Problem Solved.

Jika masih belum solved, berarti kita sama. Sama-sama pakai versi pak tani. 😝😝😝😝

Saya pernah menggunakan CCBoot berbayar. Karena biaya per tahun lumayan mahal saya mulai coba menggunakan yang versi 0823 bajakan. Selama menggunakan versi aslinya hampir tidak pernah menemukan kendala. Begitu pakai yang versi bajakan, nah muncullah kasus seperti itu. Entah kenapa di versi bajakan SSD Cachenya tidak berfungsi. Idle juga kadang sering hilang. Dan ketika saya menggunakan versi aslinya, SSD Cache berjalan normal.

Drive CCBoot Server
Drive CCBoot Server


Meskipun saya menggunakan CCBoot versi asli, tapi masih tetap pakai yang versi 0823. Karena menurut saya bootingnya di pc client lebih cepat daripada mengunakan CCBoot versi terbaru.