Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membuat Image Windows 10 VHD CCBoot? Begini Caranya. Part 1

Ketemu lagi setelah hampir 1 tahun libur dari mengurus blog ini. Yah, dikarenakan ada kesibukan mengelola warnet dan agak sedikit malas juga. Sempat bingung harus buat artikel apa lagi. Karena hampir semua permasalahan warnet sudah banyak blog atau situs dari teman-teman sesama teknisi yang menulisnya sampai tuntas. Tapi ada juga beberapa teman-teman saya sebagai owner warnet game online kadang masih kurang puas atau lebih tepatnya masalahnya belum terselesaikan meskipun sudah mengikuti tutorial-tutorial tersebut. Salah satunya adalah yang akan saya bahas pada artikel ini  yaitu Membuat Image Windows 10 VHD Menggunakan CCBoot. Di google sudah banyak yang membahasnya, bahkan hampir setiap situs dari teknisi warnet pasti pernah memberikan tutorialnya. Dari cara yang paling mudah sampai yang paling sulit sudah ada. Nah, di artikel ini saya akan menjelaskan cara yang paling mudah bagaimana cara membuat image windows 10 vhd menggunakan ccboot. Di sini saya akan langsung membuat imagenya menggunakan PC client. Jadi nanti kita akan memasang hdd untuk sementara pada PC client.


Windows 10 VHD 
Windows 10 VHD

Ok, langsung saja kita masuk ke pointnya.

Adapun beberapa perlengkapan yang harus kita persiapkan untuk membuat image windowsnya :

  1. Hardware
    • HDD Internal ukuran 80gb atau 120gb atau diatasnya. Yang penting ukurannya jangan terlalu besar. Karena hanya untuk menyimpan sistem windowsnya saja.
    • HDD Eksternal untuk menyimpan vhd.
    • Flashdisk 4gb atau 8gb untuk bootable windows.
  1. Software 

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan download terlebih dahulu beberapa software yang dibutuhkan. Di sini saya menggunakan Windows 10 x64 LTSC. Jika ingin menggunakan Windows 10 versi lain, silahkan. Tidak ada masalah ya. Caranya sama saja.
  2. Masukkan flashdisk yang akan kita gunakan untuk bootable windows ke komputer. Buka rufus untuk memulai melakukan bootable windows ke flashdisk. Perhatikan beberapa kolom yang saya beri kotak warna merah.
    • Pastikan Device telah berada di flashdisk yang benar.
    • Boot Selection, klik SELECT untuk mencari iso windows yang akan kita gunakan.
    • Partition Scheme pilih MBR
    • Target System pilih BIOS (or UEFI-CSM)
      Rufus
      Gambar 1
  1. Setelah itu klik START untuk memulai proses pembuatan bootablenya. Tunggu hingga selesai.
  2. Pasang hdd internal ke pc client yang akan kita instal windows. Colokkan juga flashdisk yang digunakan untuk bootable windows. Hidupkan pc dan masuk bios. Pastikan first bootnya sudah mengarah ke flashdisk bootable windows. Launch Storage pilih Legacy atau Legacy + UEFI. Yang penting jangan UEFI only. Jika sudah, tekan F10 atau save. Biarkan booting dan melakukan proses persiapan instal windows.
  3. Jika sudah berada di tampilan Windows Setup. Silahkan tekan Shift + F10 untuk mengaktifkan cmd. Ketikkan command berikut ini :
    • DISKPART <enter>
    • LIST DISK <enter>
    • SELECT DISK 0 <enter> (sesuaikan dengan posisi hdd yang akan kita instal windows)
    • CLEAN <enter>
    • CREATE PART PRIMARY <enter>
    • FORMAT FS=NTFS QUICK <enter>
  1. Tutup cmd. Kemudian lanjut di halaman Windows Setup. Klik Next sampai muncul halaman dimana kita biasanya akan mempartisi hdd. Langsung tekan Next aja tanpa mempartisinya. Biarkan proses berjalan sampai selesai. Tentunya sampai masuk windows ya.
  2. Jika sudah berhasil masuk windows. Silahkan tekan tombol Windows + R. Ketik control userpasswords2 <enter>.
    Control Userpasswords2
    Gambar 2
  1. Hilangkan centang pada Users must enter a user name and passwords to use this computer.
    User Accounts
    Gambar 3

  1. Kemudian pilih tab Advanced -> klik tombol Advanced sampai muncul 2 folder users dan groups.
    User Accounts Advanced
    Gambar 4

  2. Klik 2x folder Users. Klik 2x nama user yang kita isi ketika proses instalasi windows. Centang Account is disabled. Klik OK.
    Local Users and Groups
    Gambar 5

  3. Klik 2x user Administrator. Hapus centang Account is disabled. Klik OK. Tutup jendela. Klik Apply. Muncul popup Automatically sign in. Klik OK Klik OK lagi. (Kalo bingung, pelan-pelan).
  4. Klik tombol START -> icon user -> Pilih Administrator. Jika muncul tampilan sign in pada windows, klik enter. Tunggu proses sampai berhasil masuk windows.
    Start Windows 10
    Gambar 6

  5. Ulangi langkah no 7 dan 9 sampai berhasil masuk ke folder Users. Hapus nama user yang Account is disabled nya kita centang pada no 10 dengan cara klik kanan pilih Delete. Pilih Yes 2x. Tutup jendela.
    Delete User
    Gambar 7


  6. Tekan tombol Windows + R. Ketik msconfig.
  7. Pilih tab boot. Centang No GUI boot dan kolom Timeout isi 3 seconds.
    System Configuration
    Gambar 8

  8. Klik Advanced Option. Centang Number of processors. Pada dropdown pilih angka terbesar. Klik OK. Klik OK lagi. Muncul popup untuk konfirmasi restart. Pilih Exit without restart.
  9. Buka windows security. Disable Real-time protection.
  10. Buka control panel. Matikan Windows Defender Firewall.
  11. Instal activator windows 10. Pada work mode pilih KMS38. Klik START. Tunggu prosesnya sampai muncul Successfully activated Enterprises!. Klik OK. Exit. Restart PC.
    Activator Windows 10 
    Gambar 9

  12. Jika muncul popup seperti ini, Someone else is still using this PC. If you restart ... bla.. bla.. bla... Klik Restart anyway. Tunggu sampai berhasil masuk windows lagi.
  13. Masuk ke windows eksplorer C:\Users. Hapus folder selain Administrator dan Public.
  14. Jalankan Optimizer Windows. Pada tab Universal centang semua.
    Optimize Windows 10 
    Gambar 10

  15. Tab Windows 10 centang semua.
  16. Tab UWP Apps. Centang Select All. Klik Uninstall. Pilih Yes. Tunggu proses sampai muncul popup. Klik ok.
  17. Tab Cleaner. Centang Select all. Klik Clean.
  18. Tab startup. Klik Remove All.
  19. Tab registry. Centang Enable all dan Also restart explorer. Klik Fix.
  20. Restart PC.

Nah, sampai sini windows menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Jika kalian menemukan error atau kurang paham mengenai langkah-langkah di atas. Silahkan komen di bawah atau bisa pm via email, wa, atau fb.

Pada artikel selanjutnya kita akan memasuki tahap tweak windows dan upload windows sampai menjadi vhd.