Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membuat Image Windows 10 VHD CCBoot? Begini Caranya. Part 2

Pada artikel sebelumnya kita sudah melakukan instal windows sampai pada tahap optimasi windows agar terasa lebih ringan. Bagi yang belum mengikuti silahkan buka link Ingin Membuat Image Windows 10 VHD CCBoot? Begini Caranya. Part 1.

Sekarang kita sudah sampai pada tahap tweak windows. Pada tweak ini kita akan melakukan beberapa settingan seperti tampilan, tata letak, dll. Tweak ini adalah tweak versi saya sendiri. Mungkin bisa aja berbeda dengan versi orang lain, karena sebenarnya tweak ini adalah settingan suka-suka. Tergantung orang yang buat image vhdnya atau pengguna windowsnya.

Yuk, langsung aja kita mulai.

Silahkan lihat video ini untuk tweak windows 10.


 

Setelah puas bermain tweak-tweakan. Sekarang lanjut kita upload windowsnya agar bisa menjadi vhd.

  1. Instal CCBoot client. Tunggu sampai selesai. Kemudian Start Install Client? Pilih Yes. Muncul jendela NIC Drivers dimana kita harus memilih driver lan yang nantinya akan kita pakai. Nah, pada bagian ini biasanya pusat dari kesuksesan booting image. Kebanyakan mereka yang masih belajar buat image windows hasilnya kadang tidak bisa booting atau selalu stuck di logo windows. Sebenarnya banyak cara untuk menyelesaikan masalahnya. Kalau versi saya seperti ini.
    NIC Driver
    Gambar 1

  2. Centang Select All. Klik OK. Tunggu sampai proses selesai. Restart pc.
  3. Buka kembali ccboot client. Klik Additional Options. Centang System Optimization. Klik OK.
    System Optimization
    Gambar 2
  4. Klik Upload Image -> Manual Upload -> Agree.
    Manual Upload Image
    Gambar 3

  5. Hapus centang Use Vhdx.
    Pada volumes to include, centang volume C saja.
    Disk2vhd
    Gambar 4

  6. Pada VHD File Name klik titik 3 disamping kanan kemudian arahkan kemana hasil vhd nanti akan disimpan. Sebagai contoh kita akan menyimpannya ke hdd eksternal. Beri nama sesuai selera kemudian klik save.
    Save Image VHD
    Gambar 5

  7. Lanjut klik Create. Tunggu sampai proses selesai.
    Proses Upload Image VHD
    Gambar 6

  8. Jika sudah selesai cabut hdd eksternalnya. Colokkan ke pc server. Copy imagenya ke server. Kemudian add image pada ccboot server. Silahkan gunakan 1 pc client untuk uji coba booting.

Jika berhasil booting tanpa stuck di logo windows berarti kalian telah berhasil membuat image windows 10. Jika belum berhasil, entah apakah itu tidak bisa booting atau stuck di logo windows. Bisa jadi itu karena driver lannya tidak kompatible dengan pc client. Untuk mengatasi masalah tersebut, saya lebih suka menggunakan cara seperti ini :

  1. Pada ccboot server, klik 2x nama pc client yang tidak bisa booting atau stuck di logo windows. Copy NIC Vendor.
    CCBoot Client Details
    Gambar 7

  2. Buka browser kesayangan. Paste NIC Vendor di pencarian google. Tujuannya adalah kita akan mendownload driver NIC. Sebagai contoh kita akan download driver NIC dari situs driverpack.io. Buka link dari hasil pencarian.
    Searching NIC Drivers
    Gambar 8

  3. Klik unduh zip. Kemudian ekstrak.
    Download NIC Drivers
    Gambar 9

  4. Buka semua folder sampai menemukan file ekstensi .inf.
    NIC Driver .inf
    Gambar 10

  5. Kembali ke ccboot server. Klik kanan pada image yang tadi tidak bisa booting atau stuck. Pilih Add Nic Driver to Image.
    Add NIC Driver to Image
    Gambar 11 

  6. Klik Add from Inf. Cari lokasi folder dimana file ekstensi .inf NIC driver tersimpan. Lihat no 4. Tunggu sampai proses selesai.
    Add form Inf
    Gambar 12


  7. Setelah muncul NIC Drivers in INF. Klik Select All. OK.
    Klik OK lagi. Muncul popup Do you want to save the changes ? Pilih Yes.
    Tunggu proses sampai selesai hingga muncul Add nic to the image success. OK.
    NIC Driver in Inf
    Gambar 13
    Add nic to the image success
    Gambar 14

     


  8. Coba lakukan booting lagi pada pc client yang tadi tidak bisa booting atau stuck di logo windows.
  9. Seharusnya sudah SOLVED ya. Kalo masih belum solved, coba cari-cari driver lan yang lain.

Langkah-langkah di atas sering saya gunakan. Sebagian besar berhasil, asalkan tahu nama NIC Vendornya. Misal kalau NIC Vendor yang terdapat di nama pc client pada ccboot server itu kosong. Kalian bisa download driver lan dari situs resmi motherboard yang dipakai. Ingat, hanya driver lan saja ya. Karena kita hanya mengambil file .inf nya saja. Kemudian lakukan 9 langkah di atas.

Ok, sampai di sini tutorial cara membuat image windows 10 vhd. Semoga bermanfaat untuk kalian yang masih belajar membuat image windows. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.