Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Agar Windows 10 Terasa Ringan

Cara Ampuh Agar Windows 10 Terasa Ringan
Cara Ampuh Agar Windows 10 Terasa Ringan

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas penyebab windows 10 terasa lambat dari sisi hardware. Di postingan ini kita akan membahas dari sisi software atau pengaturan-pengaturan windowsnya. Ada beberapa pengaturan yang harus kita lakukan agar windows 10 terasa lebih ringan.

Apa saja pengaturan tersebut? Yuk, gaasss..!!

1. Disable aplikasi yang berjalan saat startup

Startup adalah ketika komputer dihidupkan atau dinyalakan biasanya ada aplikasi yang berjalan secara otomatis. Aplikasi yang berjalan saat startup ini bisa membuat komputer atau laptop terasa berat ketika pertama kali dihidupkan.

Cara :

  • WIN + R -> ketik taskmgr -> pilih tab Startup -> disable aplikasi yang memiliki status enable.

2. Disable aplikasi yang berjalan di belakang layar

Setelah kita memasang aplikasi pada komputer atau laptop biasanya ada beberapa aplikasi yang bisa berjalan di belakang layar tanpa kita jalankan. Nah, aplikasi-aplikasi ini bisa membuat windows 10 terasa berat.

Cara :

  • WIN + I -> pada find setting ketik 'Background Apps', enter -> Pilih Choose which apps can run in the background -> disable Let apps run in the background

3. Disable Visual Effect dan Proses Animasi

Efek visual dan Animasi ini bisa membuat windows 10 terasa berat. Memang dari sisi tampilan terlihat bagus, karena ketika kita menjalankan suatu aplikasi atau melakukan multitasking terdapat proses fade out atau fade in. Terlihat smooth, tapi bisa membuat windows 10 terasa berat. Apalagi spesifikasi komputer atau laptop low end pakai banget. 😂😂😂 Jika spesifikasi komputer kita cukup tinggi, bolehlah kita skip pengaturan ini.

Cara :

  • WIN + R -> ketik sysdm.cpl ,3 -> ALT + S -> centang Adjust for best performance -> centang Show thumbnails instead of icons -> Apply -> Ok.

4. Memindahkan Folder Downloads

Saat kita mengunduh file seperti film, musik, ataupun software dari internet menggunakan browser, hasil  unduhan tersebut secara default akan tersimpan di folder Downloads yang terletak pada drive C. Bayangkan jika kita sering mendowload tapi tidak memindahkan file hasil download ke drive selain C. Pasti lama-lama drive C akan penuh dengan isi dari folder Downloads. Sebenarnya pada masing-masing browser kita bisa mengatur dimana kita akan menyimpan file downloadnya. Tapi cara ini kurang praktis ketika kita memiliki banyak browser. Solusinya, kita harus memindahkan folder Downloads ke drive selain C, misalnya ke drive D.

Cara :

  • WIN + E -> Klik kanan pada folder Downloads -> Properties -> Location -> Move -> klik 2x drive D -> buat folder baru dengan nama Downloads -> Select Folder -> Apply -> Yes -> OK

Jika berhasil, maka di dalam drive D terdapat folder Downloads. Kalian juga bisa memindahkan folder-folder lain yang terdapat di drive C ke drive D. Misalnya, folder Documents, Music, Video dan Saved Game.

5. Disable Windows Update

Kadang ketika komputer akan kita shutdown tiba-tiba muncul notifikasi windows minta update, belum lagi jika koneksi lelet. Atau ketika sedang mengerjakan tugas, ternyata windows melakukan download update di belakang layar. Disable Windows Update ini wajib sekali dilakukan. Kecuali kalian memiliki koneksi internet super kencang dan unlimited atau menggunakan Windows 10 LTSC.

Cara :

6. Uninstal Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Selain membuat penuh drive C, kadang service dari aplikasi tersebut masih berjalan. Usahakan hanya memasang aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan. Jika memang sudah tidak dibutuhkan, lebih baik diuninstal.

Cara :

  • WIN + R -> ketik Control Panel -> Uninstall a program -> pilih aplikasi yang akan di uninstall

7. Bersihkan Cache

Rutin membersihkan histori browser dan cache komputer. Histori browser bisa kalian bersihkan melalui pengaturan pada masing-masing browser. Cache komputer bisa kalian bersihkan dengan menghapus isi dari folder Temp.

Cara :

  • WIN + R -> ketik %temp% enter -> CTRL + A -> DEL -> YES -> jika ada notif bahwa terdapat file tidak dapat dihapus, pilih SKIP
  • Klik kanan pada icon Recycle Bin di Dekstop -> Empty Recycle Bin -> YES

Itulah cara agar windows 10 terasa ringan pada komputer atau laptop. Tapi dari semua cara-cara di atas, yang terpenting adalah bagaimana kita merawat komputer atau laptop dan memperlakukannya dengan wajar. Seperti memasang aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer, memperhatikan kondisi hardisk, matikan komputer jika sudah terlalu lama digunakan.

Semoga Bermanfaat..!!