Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Convert MP4 Menjadi SWF

Cara Convert MP4 Menjadi SWF
Cara Convert MP4 Menjadi SWF

Bagi pemilik usaha warnet yang masih menggunakan cyberindo billing, tentunya file swf ini menjadi sesuatu yang sedikit banyak dibutuhkan. Karena pada tampilan login cyberindo billing client, background yang bisa gonta-ganti sendiri itu menggunakan file berekstensi .swf (Shockwave Flash). Sebagian pemilik warnet menganggap tampilan background tersebut adalah hal yang penting. Menurut mereka, jika tampilan background tersebut bisa diganti sesuka hati oleh pemilik warnet itu sendiri, maka mereka bisa meletakkan info-info tentang harga billing, promo, game apa saja yang tersedia, dan masih banyak lagi. Namun, ada juga sebagian pemilik warnet menganggap biasa-biasa saja atau tidak terlalu membutuhkan tampilan yang macam-macam untuk background cyberindo billing. Yang penting tidak berwarna putih alias blank, gitu aja kata mereka. :-)

Kita bisa membuat file .swf sendiri untuk mengganti tampilan background cyberindo billing client. Tapi di artikel ini kita hanya membahas cara membuat file .swf saja ya. Cara mengganti tampilan backgroundnya, akan saya jelaskan pada artikel saya berikutnya.

Apa saja yang kita butuhkan ?

1. File Video

Sebenarnya file swf ini adalah sebuah format video yang kita convert menjadi swf. Video tersebut memiliki durasi maksimal 1 menit, lebih sedikit tidak masalah. Yang penting durasi jangan sampai 2 menit. Selain terlalu lama, ukuran file swf nanti jadi besar. Biasanya, ukuran swf yang saya buat sekitar kurang dari 70mb. File video tersebut berekstensi mp4 dan tidak memiliki suara. Kalian bisa menggunakan video milik sendiri atau bisa download di bawah ini.


Download video

2. Aplikasi AnyMP4 Video Converter Ultimate

Aplikasi ini digunakan untuk mengubah ekstensi dari .mp4 ke .swf. Kalian bisa download aplikasinya di sini.

Ikuti langkah-langkah berikut :

A. Instal Aplikasi AnyMP4 Video Converter Ultimate

Instal aplikasi AnyMP4 di komputer kalian. Petunjuk instalasinya sudah ada di dalam file zip. Jika di komputer kalian sudah terpasang aplikasi AnyMP4, langsung ikuti langkah berikutnya.

B. Buka Aplikasi AnyMP4

  • Jalankan aplikasi AnyMP4.
  • Klik pada kolom Profile.
  • ketik swf pada kolom Search Profile.
  • Klik SWF-SWF Format (*.swf) pada jendela AnyMP4 sebelah kanan.
AnyMP4
AnyMP4

AnyMP4-swf
AnyMP4-swf


C. Convert File

Seret file video ke dalam aplikasi AnyMP4, kemudian klik tombol Convert. Jika ada pesan 'Have a try now?', pilih No. Tunggu sampai proses convert selesai, lalu klik tombol Completed.

Convert Video
Convert Video

Proses Convert Video
Proses Convert Video

Proses Selesai
Proses Selesai


D. Selesai.

File .swf kalian sudah jadi. Klik tombol Open Folder. Sekarang kalian bisa coba jalankan file .swf menggunakan aplikasi video player.

Folder File swf
Folder File swf

Apabila muncul blank warna putih pada video player saat menjalankan file swf, kalian harus uninstal flash player dari komputer. Caranya :

  • Control Panel\Programs\Programs and Features > Installed Updates.
  • Pada kolom Organize, cari nama Flash Player -> klik kanan -> uninstal.
  • Restart komputer.

Begitulah cara membuat file SWF versi saya. Dengan memanfaatkan file video .mp4 kemudian diconvert menjadi .swf menggunakan AnyMP4. Di bawah ini adalah contoh tampilan background pada cyberindo billing client saya.


Kalian juga bisa download file swf nya di bawah ini.

Semoga Bermanfaat.