Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Tentang Penggunaan RAM

Kesalahan Umum Tentang Penggunaan RAM
 Kesalahan Umum Tentang Penggunaan RAM

Bolehkah kita memasang beberapa RAM dengan ukuran yang berbeda? Atau bisakah kita memasang beberapa RAM yang berbeda merk? Apakah baik atau buruk?

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen dasar dari sebuah komputer atau smartphone. Fungsi RAM adalah menyimpan berbagai file sistem pada komputer atau smartphone yang bersifat sementara agar bisa diakses dengan cepat. Haruskah kita menggunakan beberapa RAM yang memiliki ukuran sama? Haruskah kita menggunakan beberapa RAM dengan kecepatan atau merk yang sama?

Ayo kita bahas di sini. Yukk.. gass..!!

1. Kita Tidak Bisa Mencampur Ukuran RAM

Kita Tidak Bisa Mencampur Ukuran RAM

Sebagian besar laptop atau komputer dilengkapi dengan setidaknya dua slot atau lebih untuk RAM. Kebanyakan motherboard modern akan menyediakan empat slot RAM. Beberapa dari kita mungkin menilai bahwa kita tidak dapat menggunakan ukuran RAM yang berbeda secara bersamaan atau kita tidak bisa menggunakan merk RAM yang berbeda secara bersamaan.

Itu tidak benar. Jadi, apakah kita bisa menggunakan RAM yang memiliki ukuran, kecepatan, atau merk yang berbeda secara bersamaan? Jawabannya adalah

Iya, kita bisa menggunakan RAM yang memiliki ukuran, kecepatan atau merk yang berbeda secara bersamaan.

Tapi ingat, menggabungkan beberapa RAM yang berbeda bukanlah yang terbaik untuk kinerja sistem.

Untuk kinerja sistem terbaik, disarankan menggunakan RAM dari merk yang sama, ukuran yang sama, dan frekuensi yang sama. Tapi ada alasan sederhana dibalik kenapa menggunakan RAM yang berbeda bukan cara yang terbaik.

Sesuaikan RAM untuk performa terbaik.

RAM bekerja paling baik saat dipasangkan dengan perangkat keras yang cocok. Untuk kinerja yang optimal, RAM harus menggunakan voltase yang sama, dan pengontrolnya masing-masing harus bekerja dengan baik satu sama lain dengan motherboard. Itulah mengapa sebaikanya gunakan model RAM yang sama di semua slot.

Namun, ini tidak berarti kita tidak dapat menggunakan model RAM dengan ukuran yang berbeda. Misalnya, jika RAM pertama 2GB, kita masih dapat menambahkan RAM 4GB yang baru. Setelah kita mengaktifkan mode dual channel, maka akan berfungsi sebagai dua RAM 2GB yang berjalan berdampingan dalam kinerja optimal.

Sisa 2GB dari RAM yang baru akan berjalan dalam mode single channel. Secara keseluruhan, ini tidak secepat menggunakan dua RAM dengan ukuran 2GB yang sama, tetapi masih lebih cepat daripada menggunakan satu RAM 2GB.

Sama halnya dengan frekuensi, kecepatan, atau merk. RAM akan bekerja sama pada frekuensi RAM yang lebih rendah secara default. Jadi, apakah RAM harus sama? Tidak, tapi untuk mendapatkan kinerja sistem terbaik alangkah baiknya disamakan.

2. Memiliki RAM Yang Cukup Untuk Menjalankan Sistem

Memiliki RAM Yang Cukup Untuk Menjalankan Sistem

Jumlah RAM cukup untuk menjalankan perangkat lunak. Kita tidak perlu tambahan. Adalah penilaian yang sering kita temukan. Memang, mungkin cukup untuk menjalankan aplikasi, tetapi bukan berarti tidak bisa lebih cepat. Lebih banyak RAM bisa membantu untuk mempercepat menjalankan aplikasi, bahkan jika kita menggunakan RAM dengan ukuran berbeda secara bersamaan. Semua aplikasi memanfaat sisa penggunaan RAM untuk mempercepat prosesnya.

Sebagian besar pengembang menulis program aplikasi meminta persentase tertentu dari RAM yang tersedia untuk menjalankan suatu perintah. Jika kita memiliki lebih banyak RAM yang terpasang, maka akan ada banyak sisa penggunaan RAM yang bisa digunakan oleh aplikasi tersebut. Ketika kita menggunakan sekitar 60% dari total kapasitas RAM, bukan berarti kita tidak memerlukan lebih banyak RAM. Pekerjaan rutinitas kita mungkin hanya meminta 60% RAM, sisanya untuk melakukan pekerjaan lain. Namun, apakah pekerjaan lain itu hanya meminta sisa dari penggunaan RAM? Bagaimana jika membutuhkan lebih dari sisa RAM yang tersedia? Kita bisa menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan jika itu memungkinkan.

Sebagai aturan umum untuk komputer, 4GB adalah ukuran minimum dan 8GB adalah ukuran yang disarankan untuk kinerja terbaik bagi pengguna biasa. Gamer dan pekerja profesional yang bekerja dengan grafik, video, atau suara harus menggunakan 16GB, dan 32GB adalah ukuran yang disarankan.

3. Ukuran RAM Adalah Yang Terpenting

Ukuran RAM Adalah Yang Terpenting

Kita mungkin tahu berapa banyak RAM yang dimiliki smartphone atau PC kita. Ketika seseorang mengatakan mereka memiliki lebih banyak RAM di PC mereka, kita secara otomatis menganggap sistem mereka berjalan lebih cepat. Tapi itu belum tentu benar. Kapasitas atau ukuran RAM bukanlah yang terpenting.

Faktor penentu kinerja RAM adalah kecepatan dan frekuensi.

Seperi halnya CPU, RAM memiliki kecepatan clock. Semakin tinggi kecepatan clock, semakin banyak fungsi yang dapat dilakukan dalam satu detik. Seperti yang sering kita temukan RAM dengan frekuensi 2400MHz, 3000MHz, 3200MHz dan 3600MHz.

Masalah yang sering kita temukan ketika menggunakan RAM yang memiliki kecepatan tidak cocok :

  1. Jika RAM kita berjalan pada 3200MHz sedangkan motherboard kita hanya mendukung RAM 2400MHz, sistem RAM kita akan berjalan pada 2400MHz.
  2. Jika kita menggunakan dua model RAM dengan kecepatan berbeda, maka kedua RAM tersebut akan berjalan pada kecepatan RAM yang paling lambat. Misalnya, jika kita memiliki dua model RAM yang terpasang, RAM pertama berjalan pada 2400MHz dan RAM yang kedua berjalan pada 3200MHz, maka RAM yang kedua akan berjalan pada 2400MHz mengikuti RAM yang pertama.

Secara umum, pengguna komputer biasa tidak akan melihat banyak perbedaan saat menggunakan RAM 4GB dan 8GB. Namun, mengganti RAM yang lebih cepat dari 4GB yang sama dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan. Tergantung bagaimana kita menggunakan komputer atau laptop kita.

4. Hapus RAM Untuk Meningkatkan Kecepatannya

Hapus RAM Untuk Meningkatkan Kecepatannya

Kosongkan RAM agar lebih cepat adalah salah satu mitos RAM yang paling sering kita dengar. Biasanya gagasan tersebut terdapat pada aplikasi yang berfungsi untuk menguatkan RAM atau pengoptimal memori semacam Program Booster. Sederhananya, jangan bersihkan RAM kita. Kita membutuhkan RAM penuh dengan data yang berguna untuk membantu menjaga proses sistem kita tetap cepat.

Fungsi RAM bukan untuk dibiarkan terpasang tanpa data di dalamnya. Faktanya, sistem operasi dan perangkat lunak kita harus menggunakan setiap sedikit RAM yang tersedia. Mengosongkan RAM dengan salah satu program booster itu tidak menghasilkan apa-apa. Jika ada, itu mungkin benar-benar memperlambat sistem kita karena "mengosongkan" berarti kita menghapus data-data tertentu dari memori RAM.

RAM tidak sama dengan Hard Disk Drive (HDD). RAM secara otomatis mengelola data yang disimpannya, menyesuaikan untuk menampung data yang sering diakses. Jika kita memiliki RAM 4GB, sistem kita terus menerus menulis, menghapus, dan menulis ulang data yang sering diakses di 4GB tersebut. Terus menerus mengisi RAM adalah hal yang tidak baik. Jika kita terus menerus mengisi RAM, itu dapat mempengaruhi kecepatan lainnya. Kebanyakan sistem operasi modern menggunakan istilah yang dikenal sebagai File Paging, juga disebut sebagai memori virtual. Komputer kita mulai memasukkan beberapa data ke RAM dengan cepat kemudian menjadi lambat.

Memori virtual sangat berguna karena membuat komputer kita dari yang melambat menjadi mulai sedikit lebih cepat. Namun, jika kita sering kehabisan RAM, biasanya itu pertanda bahwa sudah waktunya untuk membeli RAM baru berkapasitas lebih tinggi.

Sekali lagi, jangan gunakan aplikasi penambah RAM atau pembersih memori. Aplikasi tersebut tidak benar-benar bekerja. Hanya mengganggu dan membuang-buang waktu. Lebih buruk lagi, alih-alih membersihkan memori yang ada hanyalah adware atau scamware.

5. Menggunakan Jumlah RAM Yang Sama

Menggunakan Jumlah RAM Yang Sama

Menggunakan jumlah RAM yang sama. Seperti pada no 1 di atas tentang ukuran yang berbeda, kita tidak perlu menggunakan dua atau lebih RAM. Kita dapat menggunakan hanya 1 RAM saja. Atau kita dapat mengguakan tiga model RAM yang berbeda jika mau, tetapi seperti di atas, itu bisa mengorbankan kinerja sistem secara keseluruhan. Jika kita memiliki dua RAM 8GB yang cocok, keduanya akan berjalan dalam mode dual channel, memberikan kinerja sistem yang paling efisien dan efektif.

Misalnya, kita memiliki tiga keping RAM 8GB, meningkatkan total memori kita menjadi 24GB. Bagus kah? Tergantung pada konfigurasi sistem, jenis RAM yang digunakan, dan motherboard, RAM ketiga dapat menonaktifkan dukungan RAM dual channel untuk dua RAM yang lain. Jadi, saat kita memiliki kapasitas yang lebih besar, kinerja kita secara keseluruhan mungkin turun.


Kita dapat melakukan banyak hal dengan RAM, misal RAM yang tidak cocok, kecepatan yang berbeda, ukuran yang berbeda, dan sebagainya. Sebagian besar, kita akan mendapatkan kinerja sistem komputer yang lebih lambat. Namun, selalu yang terbaik adalah mencocokkan RAM. Dengan begitu, kita akan mendapatkan kinerja terbaik dari sistem komputer, dan kemungkinan kerusakan atau masalah lain yang timbul dari perbedaan model RAM yang tidak cocok lebih kecil.