Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tentang Jenis RAM dari DRAM hingga DDR5

Pengertian Tentang Jenis RAM dari DRAM hingga DDR5

Terdapat beberapa jenis RAM yang digunakan pada komputer. Sebelum tahun 2002, kebanyakan komputer menggunakan RAM Single Data Rate (SDR). Kemudian banyak komputer yang dibuat sejak saat itu dengan menggunakan Double Data Rate (DDR) untuk mencapai kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Berikut ini adalah jenis RAM mulai dari generasi pertama sampai yang terbaru sekarang ini. Yukk.. gass..!!

Daftar Isi

  1. DRAM
  2. SDRAM
  3. DDR
  4. DDR2
  5. DDR3
  6. DDR4
  7. DDR5

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM adalah Memori RAM Generasi pertama. DRAM tidak diatur oleh jam dan tidak disinkronkan oleh pengaruh perangkat keras lainnya. Hal ini bisa menimbulkan masalah dalam mengatur data yang masuk sehingga akan membuat antrean proses di dalamnya. Karena DRAM tidak sinkron, maka tidak akan bisa bekerja secepat prosesor yang semakin cepat.

2. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

Pada akhir tahun 1996, SDRAM mulai digunakan pada sistem. Tidak seperti teknologi sebelumnya, SDRAM disinkronkan dengan clock speed yang dioptimalkan untuk kecepatan bus CPU. Semakin cepat kecepatan bus, semakin cepat pula SDRAMnya.

SDRAM hanya dapat membaca atau menulis satu kali dalam satu siklus clock (Single Data Rate). Sehingga harus menunggu sampai selesai dalam melakukan suatu perintah sebelumnya untuk dapat melakukan perintah yang baru. SDRAM beroperasi pada tegangan 3.3V dan memiliki kecepatan transfer berkisar antara 100 - 166 MT/s.

3. DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM)

Generasi SDRAM berikutnya adalah DDR atau biasa disebut dengan DDR1, yang mencapai bandwidth lebih besar daripada Single Data Rate SDRAM sebelumnya. Ini karena memori DDR dapat mengirim dan menerima sinyal dua kali per siklus clock. Secara efektif, ini menggandakan kecepatan transfer tanpa meningkatkan frekuensi jam. Kecepatan transfer DDR SDRAM adalah dua kali lipat dari SDRAM. DDR SDRAM sebagai memori DDR generasi pertama, buffer prefetchnya adalah 2bit, kecepatan transfer DDR berkisar antara 266 - 400 MT/s.

4. DDR2 SDRAM

Kemampuan DDR2 SDRAM untuk mengoperasikan bus data eksternal dua kali lebih cepat dari DDR SDRAM. Hal ini karena adanya perbaikan sinyal bus. Buffer prefetch DDR2 adalah 4bit (dua kali lipat dari DDR SDRAM). DDR2 menggunakan desain yang berbeda dari DDR1. Desain yang ditingkatkan memungkinkan DDR2 berjalan lebih cepat daripada DDR1. Memori DDR2 memiliki kecepatan clock internal yang sama (133 - 200 MHz) seperti DDR1, tetapi kecepatan transfer DDR2 dapat mencapai 533 - 800 MT/s dengan sinyal bus I/O yang ditingkatkan. DDR2 berjalan lebih efisien daripada DDR1, hal ini membuat DDR2 menggunakan lebih sedikit daya daripada DDR1 meskipun berjalan lebih cepat.

5. DDR3 SDRAM

RAM DDR3 mengurangi konsumsi daya sekitar 30% lebih. Hal ini memungkinkan arus dan voltase pengoperasian yang lebih rendah (1.5V dibandingkan dengan DDR2 1.8V dan DDR1 2.5V). DDR3 dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dari DDR2. Kecepatan transfer DDR3 adalah 800 - 1600 MT/s. Buffer prefetch DDR3 adalah 8 bit. Jika DDR2 dapat mentransfer data hingga 3200 MBps, DDR3 mendukung kecepatan transfer data maksimum 6400MBps. Artinya, komputer dengan memori DDR3 dapat mentransfer data jauh lebih cepat daripada komputer yang masih menggunakan RAM DDR2. Kecepatan memori lebih cepat bisa mencegah kemacetan atau antrean, terutama saat memproses  data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, jika dua komputer memiliki kecepatan clock prosesor yang sama, tetapi jenis memorinya berbeda, komputer dengan memori DDR3 dapat bekerja lebih cepat daripada komputer dengan memori DDR2.

DDR3 juga menambahkan dua fungsi baru yaitu ASR (Automatic Self Refresh) dan SRT (Self Refresh Temperature). Kedua fungsi ini dapat membuat memori mengontrol kecepatan refresh untuk menyesuaikan suhu.

6. DDR4 SDRAM

DDR4 dapat beroperasi pada tegangan yang lebih rendah (1.2V), sehingga lebih hemat daya. Memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi. Kecepatan transfer DDR4 adalah 2133 - 3200 MT/s. DDR4 dirancang untuk menggantikan DDR3, standart DDR sebelumnya. DDR4 dapat memproses 4 data dalam satu siklus clock, jadi efisiensi DDR4 jelas lebih baik daripada DDR3. Peningkatan kecepatan dan bandwidth memori memungkinkan DDR4 SDRAM untuk mengikuti mengikuti prosesor terbaru, termasuk CPU multicore.

7. DDR5 SDRAM

DDR5 direncanakan dapat mengurangi konsumsi daya dibandingkan dengan DDR4 SDRAM pendahulunya. Memiliki kecepatan transfer 5200 - 6400 MT/s dan beroperasi pada tegangan 1.1V. Modul DDR5 dapat menggabungkan regulator tegangan yang terpasang untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Masih belum ada pengumuman resmi dari INTEL dan AMD. CPU Rocket Lake generasi ke-11 INTEL dan CPU AMD Ryzen 5000-series keduanya masih menggunakan RAM DDR4. Namun, tersebar informasi dari pihak internal bahwa Sapphire Rapids, Alder Lake, ZEN 4, APU Zen 3+ sudah mulai mendukung DDR5.

Semoga Bermanfaat.. !!