Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan INTEL dan AMD. Manakah Yang Lebih Baik?

Perbedaan INTEL dan AMD. Mana Yang Lebih Baik?

INTEL dan AMD adalah dua produsen CPU yang paling terkenal di dunia. Kedua perusahaan ini telah mendominasi pasar dengan berbagai penawaran produk dan kemajuan teknologi. Namun, ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun seputar INTEL vs AMD. Merk mana yang memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kekuatannya? Di sini kita akan membahas secara singkat tentang perbedaan utama antara INTEL dan AMD.

1. INTEL

Prosesor INTEL


INTEL singkatan dari Integrated Electronics. Intel Corporation adalah perusahaan multinasional Amerika dan perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Silicon Valley. Penemunya adalah Robert Noyce, pengembang prosesor x86 pertama INTEL 8086.

Prosesor ini memiliki kinerja CPU yang baik dan hampir semua prosesor INTEL dilengkapi dengan iGPU. Prosesor ini juga memiliki clock lebih tinggi daripada prosesor AMD, dengan konsumsi daya dan daya tahan baterai yang lebih tinggi. Jadi, prosesor INTEL cocok untuk beban kerja singkat dan peningkatan single-core terutama di laptop. Laptop yang menggunakan INTEL terbaru dapat digunakan saat baterai dalam kondisi baik. Untuk desktop, jika kita ingin mengubah kompatibilitas prosesor, motherboard, atau soket, maka INTEL memiliki lebih sedikit opsi yang tersedia dibandingkan dengan prosesor AMD karena adanya perbedaan motherboard dan chipset.

2. AMD

Prosesor AMD


AMD singkatan dari Advanced Micro Devices. Ini adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Santa Clara, California. Penemunya adalah Jerry Sanders, Jack Gifford, John Carey. Mulai memasok prosesor x86 sebagai produsen dan menjadi pesaing dengan Am386.

Prosesor AMD lebih murah daripada prosesor INTEL pada spesifikasi yang sama. Proses AMD efisien dibandingkan dengan seri Core generasi sekarang. AMD APU juga merupakan pilihan yang baik untuk kinerja iGPU dan kinerja CPU yang sebanding dengan INTEL seri Core i. Laptop yang menggunakan prosesor Ryzen sering kali memiliki clock yang lebih rendah dan kurang agresif dibandingkan dengan laptop yang menggunakan INTEL. Laptop AMD RYZEN sering berjalan lebih dingin dan lebih lama dengan baterai. Sehingga untuk laptop, ketika menginginkan kinerja maksimal pada iGPU dan masa pakai baterai lebih lama, laptop yang menggunakan Ryzen bisa menjadi pilihan. Meskipun, ketika merakit PC Desktop baru, CPU seri FX APU seri A harus dihindari karena konsumsi daya dan suhu pansanya lebih tinggi.

Ketika penggunaan untuk game normal dan penggunaan sehari-hari, maka Ryzen APU adalah pilihan yang tepat. Untuk tugas yang lebih berat seperti pengeditan video, model 3D dan lain-lain. CPU Ryzen 7 atau 9 atau Threadripper adalah pilihan terbaik.

Untuk CPU dan APU Desktop Ryzen di platform AM4, chipset motheboard harus mendukung AM4. Jika tidak, maka tidak bisa melakukan boot. Beberapa motherboard biasanya harus melakukan flashing USB BIOS agar dapat mendukung prosesor terbaru.


INTEL vs AMD

Mana yang lebih baik INTEL atau AMD?

Prosesor INTEL telah mendominasi ekosistem CPU selama bertahun-tahun. Namun, CPU AMD Ryzen mulai membuat suatu terobosan baru. Prosesor INTEL Core i-series dan AMD Ryzen memberikan pengalaman serupa dalam hal kinerja mereka secara keseluruhan. INTEL unggul dalam tugas single core sedangkan AMD unggul dalam multitasking. Namun, kedua prosesor menjalankan instruksi yang sama dan memiliki prinsip kerja yang serupa.

Ketika kita membuat perbandingan antara dua produsen CPU tersebut, kita perlu memahami bahwa semuanya tergantung pada penggunaan. Model CPU juga menjadi peran penting dalam menentukan berbagai hal yang terlibat, seperti kinerja, keterjangkauan, dan faktor lainnya.

Perlu juga diketahui bahwa berbagai prosesor AMD hadir dengan kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan overclock prosesor dibandingkan dengan sebagian besar CPU INTEL yang datang dengan clock speed tetap. Ini membuat prosesor AMD bisa beroperasi pada kecepatan lebih cepat.

Kita juga harus mencatat bahwa prosesor INTEL memiliki nilai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor AMD. Jadi, jika kita mencari opsi yang hemat anggaran atau hemat biaya, pilihan terbaik kita adalah menggunakan prosesor AMD. Namun, jika kita mempertimbangkan untuk membeli CPU yang memiliki performa terbaik di pasaran, kita bisa memilih INTEL.

Ada banyak perbedaan antara INTEL dan AMD dalam hal model. Namun, jika kita mempertimbangkan dari berbagai hal, akan muncul penilaian bahwa tidak ada yang terbaik. Meskipun demikian, semua penilaian tergantung dengan kebutuhan kita.

INTEL

  1. Harga lebih mahal
  2. Lebih efisien
  3. Dapat memanas saat digunakan dengan Clock Speed Boost (14nm)
  4. IPC (Rocket Lake) lebih rendah dari AMD (Zen 3)
  5. Clock speed mencapai dan melampaui 5.0 GHz
  6. iGPU hadir di hampir semua CPU seri Core i (kecuali Core i F-series)
  7. Memiliki kemampuan multiprocessing simetris hingga 4 soket / 28 core

AMD

  1. Harga lebih murah
  2. Kurang efisien
  3. Umumnya lebih dingin karena litografi yang lebih kecil (TSMC 7nm mirip dengan INTEL 10nm)
  4. IPC (Zen 3) lebih tinggi dari INTEL (Rocket Lake)
  5. Clock speed dapat mencapai 5.0 GHz tetapi dapat menimbulkan panas
  6. iGPU hadir hanya di seri AMD APU dengan kinerja GPU yang lebih tinggi dibandingkan dengan INTEL iGPU (Grafik HD)
  7. Memiliki kemampuan multiprocessing simetris hingga 8 soket / 128 core.

Nah, sekarang menurut kalian mana yang lebih baik?