Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subgenre Dari Action Game Yang Harus Diketahui

Subgenre Dari Action Game Yang Harus Diketahui

Action Game adalah game aksi dimana para pemain harus menyelesaikan misi yang terdiri dari berbagai tantangan. Dalam game ini biasanya pemain boleh menggunakan senjata atau kemampuan khusus yang dimiliki oleh karakter hero. Jenis genre aksi menjadi paling populer karena biasanya mudah untuk dimainkan. Genre ini terbagi menjadi beberapa subgenre, yaitu:

  1. Platformer
  2. Shooter
  3. Fighting
  4. Beat-em up
  5. Stealth
  6. Survival
  7. Rhythm

1. Platformer

Platformer

Sesuai dengan namanya, game platformer adalah permainan dimana karakter game harus berinteraksi dengan platform, misalnya berlari, melompat, atau jatuh di sepanjang gameplay.

Contoh: Super Mario Bros, Donkey Kong.

2. Shooter

Shooter

Shooter Game merupakan jenis permainan yang karakter gamenya harus menggunakan senjata untuk mengalahkan musuh. Genre ini masih bisa dikelompokkan lagi berdasarkan perspektif pemain :

  • FPS (First Person Shooter) : dimainkan dari sudut pandang karakter utama.
    Contoh: Point Blank, Apex Legends, Valorant.
  • Third Person Shooter : dimainkan dari sudut pandang dimana pemain dapat melihat karakter utama, umumnya dari belakang karakter.
    Contoh: Fortnite, Tomb Raider, Free Fire, dll.
  • Top Down Shooter : mirip third person shooter hanya saja sudut pandangnya dari atas atau dari samping. Biasanya pada tampilan permainan dilengkapi dengan bar stamina, health, atau stok nyawa. Permainan menjadi "Game Over" jika pemain kehabisan stok nyawa.
    Contoh: Galaga, Space Invaders, The Hong Kong Massacre, dll.

3. Fighting

Fighting

Sebagian besar game fighting atau pertarungan menampilkan karakter yang memiliki kemampuan unik atau gaya bertarung. Tentu saja pertarungan yang dimaksud adalah bertarung dengan tangan kosong atau tanpa senjata. Dalam game fighting akan ada level demi level yang harus dilewati. Masing-masing level memeliki tingkat kesulitan yang berbeda. Semakin tinggi level, semakin tinggi tingkat kesulitan, dan semakin sulit musuh untuk dikalahkan.

Contoh: Mortal Kombat, Street Fighter, dll.

4. Beat-em up

Beat-em up

Game beat-em up atau pertarungan juga fokus pada pertempuran. Tetapi alih-alih menghadapi satu musuh, pemain menghadapi gerombolan-gerombolan anak buah musuh sebelum akhirnya berhadapan satu lawan satu dengan musuh.

Contoh: God of War, Castle Crashers dan Bayonetta.

5. Stealth

Stealth

Game stealth biasanya mendorong pemain untuk terlibat dalam aksi secara diam-diam.

Contoh: Metal Gear.

6. Survival

Survival

Game survival adalah game action bertahan hidup. Game dengan genre ini menjadi game paling favorit untuk beberapa tahun terakhir.

Contoh: Resident Evil, Fortnite, Apex Legends, dll.

7. Rhythm

Rhythm

Game rhythm adalah game berbasis musik yang menantang pemain untuk mengikuti irama lagu atau soundtrack dalam game dengan menekan tombol yang sesuai pada gamepad pada waktu yang tepat untuk mengumpulkan poin.

Contoh: Ayo Dance, Touch, Guitar Hero, dll.