Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Thunderbolt?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thunderbolt?

Apa itu Thunderbolt?

Thunderbolt adalah teknologi yang dibuat oleh kerjasama Intel dan Apple. Ide teknologi Thunderbolt awalnya berasal dari Intel. Pada tahun 2003 Intel mulai mengembangkan suatu teknologi dengan nama Converge I/O, kemudian menjadi Light Peak. Pada tahun 2009 Apple masuk. Sejak saat itu, kedua perusahaan tersebut bekerja sama dalam pengembangan dan memberi nama Thunderbolt. Teknologi ini menggabungkan audio, data, power dan video dengan transfer data berkecepatan tinggi melalui satu port. Thunderbolt ini mendukung tampilan resolusi tinggi dan kinerja tinggi melalui satu port saja dengan menambahkan beberapa perangkat keras ke komputer melalui rangkaian kabel yang dapat mengakses DisplayPort dan PCI Express. Thunderbolt memiliki teknologi bawaan yang memungkinkan kecepatan PCI Express dengan cara yang sederhana dan nyaman.

Konektivitas Thunderbolt

Konektivitas Thunderbolt sangat cepat dan dapat menyediakan throughput data hingga 40 Gbps. Apa yang membuat konektivitas thunderbolt begitu cepat adalah karena pada port mencakup dual channel. Artinya, thunderbolt bisa melakukan mengirim dan menerima data secara bersamaan. Dalam hal ini thunderbolt jauh lebih cepat dari teknologi sebelumnya seperti FireWire 800 dan 3Gbps. Thunderbolt juga mampu menghasilkan video dengan resolusi tinggi, tentu saja untuk menghubungkan video dan audio cukup memerlukan satu port saja. Keuntungan menggunakan port thunderbolt dibandingkan port USB adalah kualitas video, audio, kecepatan transfer data tidak ditentukan oleh jenis atau kualitas kabelnya.

Jenis Thunderbolt

Tujuan diciptakan Thunderbolt adalah untuk menambah serat optik dalam mentransfer data. Kala itu ilmuwan menyadari ketika menguji dengan prototipe kabel tembaga, bahwa hasil serupa bisa dihasilkan dengan biaya yang jauh lebih rendah, ini mengarah pada penemuan teknologi Thunderbolt.

Saat ini terdapat 4 jenis Thunderbolt. Yaitu, Thunderbolt 1, Thunderbolt 2, Thunderbolt 3 dan Thunderbolt 4.

Thunderbolt 1

Thunderbolt 1 diperkenalkan pada tahun 2011. Memiliki dual channel dua arah dengan kecepatan transfer data 10Gbps dengan menggunakan protokol 4 x PCI Express 2.0 dan Display Port 1.1. Memakai konektor Mini DisplayPort. Perangkat Thunderbolt pertama adalah laptop MacBook Pro dari Apple.

Thunderbolt 2

Diperkenalkan pada tahun 2013 dengan kecepatan transfer data 20Gbps. Thunderbolt 2 menggunakan protokol 4 x PCI Express 2.0 dan DisplayPort 1.2. Memakai konektor Mini DisplayPort. Mampu menghasilkan video 4K yang membutuhkan bandwidth lebih banyak daripada Thunderbolt 1, ini memungkinkan Thunderbolt 2 dapat melakukan streaming video 4K dan menyimpan ke disk secara bersamaan. Thunberbolt 2 mendukung hingga 6 peripheral, USB dan FireWire melalui adaptor. Thunderbolt 2 menggunakan konektor yang sama dengan Thunderbolt 1, sehingga Thunderbolt 2 kompatibel dengan peripheral Thunderbolt 1 dan sebaliknya. Tetapi perangkat Thunderbolt 1 yang terhubung ke port Thunderbolt 2 hanya mendukung kecepatan 10 Gbps.

Thunderbolt 3

Diperkenalkan pada tahun 2015 dengan melakukan penyesuaian dan peningkatan yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Menggunakan desain konektor USB-C pasif dan aktif. Kabel pasif, mendukung kecepatan hingga 40Gbps jika panjang kabel 0.5 meter, 20Gbps jika panjang kabel lebih dari 0.5 m.  Kabel aktif mampu mencapai transfer data hingga 40Gbps dengan panjang hingga 2m. Thunderbolt 3 juga mendukung jaringan cepat DisplayPort 1.2, HDMI 2.0 dan 10 GbE.

Teknologi Thunderbolt 3 kompatibel dengan Thunderbolt 1 dan 2, namun membutuhkan adaptor karena Thunderbolt 3 menggunakan interface yang berbeda dengan generasi pendahulunya.

Thunderbolt 4

Intel mengungkapkan detail baru tentang Thunderbolt 4. Memberikan dukungan dock hingga 4 port Thunderbolt dan kabel universal hingga 2 meter. Prosesor Tiger Lake menjadi yang pertama mengintegrasikan Thunderbolt 4. Perbedaan antara Thunderbolt 4 dan Thunderbolt 3 adalah dukungan untuk protokol USB4 dan kecepatan data, persyaratan bandwidth minimum 32 Gbps untuk PCIe, dukungan untuk tampilan 4K DisplayPort 1.4 dan Intel VT-d.

Thunderbolt 4 dilengkapi dengan hub yang kompatibel dengan perangkat Thunderbolt 3, bandwidth maksimum 40 Gbps, DisplayPort 2.0 yang dapat mendukung resolusi 8K pada 60Hz. DisplayPort 2.0 dapat menggunakan hingga 80 Gbps.