Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Panel TN, IPS, dan VA. Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan Panel TN, IPS, dan VA. Mana Yang Lebih Baik?

Setelah kita membahas perbedaan monitor LCD dan LED pada artikel sebelumnya. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas panel pada monitor. Karena jenis panel pada monitor ini menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh monitor. Untuk pengguna yang memiliki profesi sebagai gamer, desainer maupun content creator video, pasti akan memperhitungkan jenis panel apa yang akan digunakan oleh monitor. Terdapat 3 jenis panel pada monitor, yaitu TN, IPS dan VA. Apa yang dimaksud dengan panel TN, IPS dan VA? Apa saja perbedaan dari ketiga panel tersebut?

Yukk.. Gass.. !!

Panel TN

TN merupakan singkatan dari Twisted Nematic. Jenis panel ini adalah versi asli dari teknologi LCD. Meskipun merupakan jenis layar dengan harga yang paling terjangkau, panel TN sangat bagus untuk bermain game. Panel TN memiliki response time yang sangat cepat bahkan mampu menampilkan waktu respon antara 1 ms - 5 ms. Monitor TN memiliki beberapa kekurangan, yaitu warna yang kurang bagus. Warna bisa terlihat berbeda tergantung dari sudut yang kita gunakan untuk melihat monitor. Bahkan saat melihat langsung ke monitor TN, warnanya tidak terlalu akurat. Karena panel TN kurang mampu menghasilkan gambar terbaik, saat digunakan untuk bermain game mungkin tidak akan terlihat sebagus pada monitor IPS atau VA. Juga, monitor dengan panel TN kurang cocok digunakan untuk mendesain gambar. Kekurangan lainnya pada panel TN adalah sudut pandangnya. Sudut pandang pada panel TN sangat sempit, sehingga hanya terlihat normal saat melihat langsung ke panel.

Panel TN adalah monitor yang baik untuk gamer, khususnya game FPS. Harga terjangkau dan menampilkan response time yang cepat.

Panel IPS

IPS adalah singkatan dari In-Plane Switching. Teknologi panel ini memberikan sudut pandang yang lebih luas dan warna yang lebih bagus dibandingkan dengan panel TN. Namun, harga monitor panel IPS juga lebih mahal, mengkonsumsi lebih banyak daya, dan memiliki response time yang lebih lambat. Jika digunakan untuk bermain game, monitor panel IPS mampu memberikan kualitas gambar yang sangat bagus sekali, bahkan jauh lebih bagus daripada monitor panel TN. Hal ini karena monitor panel IPS menampilkan reproduksi warna yang konsisten. Banyak panel IPS yang menampilkan warna 10-bit, adapula yang menampilkan sRGB dengan persentase tinggi dan gamut warna DCI-P3. DCI-P3 dan sRGB adalah standar warna yang digunakan untuk mengukur berapa banyak warna yang mampu dihasilkan oleh layar. Jika persentase tinggi berarti monitor IPS mampu menghasilkan warna yang lebih akurat dan cerah.

Karena memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi, panel IPS menjadi pilihan utama bagi para desainer. Untuk permainan game yang membutuhkan grafis bagus, monitor panel IPS adalah pilihan yang tepat. Dilihat dari sisi monitor, panel IPS jauh lebih baik daripada panel TN. Ini karena polimer kristal cair layar IPS bergerak secara horizontal, sehingga mengurangi distorsi warna dari samping. Panel IPS mampu menghasilkan sudut pandang superior 178 derajat. Panel IPS memiliki sudut pandang terluar sehingga menjadikannya yang terbaik saat menonton video bersama, atau bermain game bersama.

Kendati memiliki kelebihan yang lebih banyak ketimbang panel TN, monitor panel IPS juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah, panel IPS memiliki response time yang lebih lambat, namun ini hanya ada pada panel IPS dengan harga yang lebih murah. Dengan response time yang sama seperti panel TN, harga panel IPS bisa jauh lebih mahal.

Secara keseluruhan, panel IPS adalah yang terbaik untuk gamer yang menghargai kualitas gambar selain performa. Harga panel IPS lebih mahal daripada monitor panel TN dengan spesifikasi yang sama, tetapi hanya panel IPS yang lebih unggul daripada panel TN dalam hal grafis.

Panel VA

VA adalah singkatan dari Vertical Allignment. Secara keunggulan hampir sama dengan panel IPS namun memiliki kualitas gambar kurang bagus dan lebih rentan terhadap ghosting. Bisa dikatakan panel VA adalah panel diantara IPS dan TN dalam hal keunggulan dan harga. Panel VA mampu menampilkan response time lebih cepat dari panel IPS tapi lebih lambat daripada panel TN. Selain itu, panel VA juga memilii warna yang lebih unggul dari panel TN tetapi reproduksi warna masih di bawah IPS.

Kelebihan panel VA adalah memiliki refresh rate yang sangat tinggi dari 144Hz, 240Hz, atau bahkan 360Hz. Meskipun pada panel IPS juga terdapat monitor yang memiliki refresh rate seperti itu, namun pada panel VA bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Jika kita mencari monitor yang memiliki refresh rate tinggi dengan harga terjangkau, monitor dengan panel VA adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Panel TN cocok untuk pengguna yang memiliki budget pas-pasan, membutuhkan response time cepat, dan tidak terlalu mementingkan akurasi warna.

Panel IPS cocok sekali untuk pengguna yang mementingkan grafis, keindahan warna, dan gambar yang berkualitas tinggi. Tentu saja diimbangi dengan budget yang lebih besar.

Panel VA cocok untuk pengguna yang menginginkan grafis lebih baik dari panel TN, harga lebih murah dari IPS dengan response time yang sama, serta memiliki refresh rate tinggi.