Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi, Hardware, dan Harga Chromebook

Spesifikasi, Hardware, dan Harga Chromebook

Chromebook, notebook yang sekarang sedang naik daun karena Laptop Merah Putih. Karena Google bersama Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) menggandeng enam vendor laptop lokal yaitu Advan, Axioo, Evercoss, SPC, TSM, dan Zyrex untuk merakit produk Chromebook buatan dalam negeri. Apa sih Chromebook itu? Bagaimana spesifikasinya? Harga berapa di pasaran? Bisa buat ngegame? Bisa buat desain?

Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah notebook yang berjalan dengan menggunakan sistem operasi Google yang dikenal sebagai Chrome OS. Karena memang didesain hanya untuk menggunakan sistem operasi Chrome OS saja, Chromebook tidak bisa menggunakan sistem operasi selain Chrome OS seperti Windows, Linux atau Mac OS. Notebook ini harus terhubung ke internet, karena sebagian besar aplikasi yang tersedia memerlukan koneksi internet untuk menjalankannya. Tidak hanya menjalankan aplikasi, koneksi internet juga dibutuhkan untuk proses penyimpanan file dokumen yang menggunakan cloud. Google bekerja sama dengan Acer, Adobe, Asus, Freescale, HP, Lenovo, Toshiba, Intel, Samsung, Qualcomm, Texas Instruments dan Dell dalam mengembangkan hardware Chromebook. Chromebook sendiri pertama diperkenalkan pada tahun 2011 pada konferensi Google I/O dan menjadi salah satu notebook terlaris sejak 2012.

Spesifikasi dan Hardware

Chrome OS adalah sistem operasi yang digunakan oleh Chromebook menggunakan kernel Linux dan browser web Google Chrome dengan pemutar media terintegrasi. Kernel Linux mengaktifkan mode pengembang yang memungkinkan pemasangan distribusi Linux di Chromebook. Seperti laptop atau notebook pada umumnya, Chromebook memberikan beberapa fitur, spesifikasi hardware dan bentuk tampilan yang lebih sederhana. Kita bisa menemukan bermacam ukuran notebook ini. Meskipun mengandalkan sistem penyimpanan online Google Drive, Chromebook tetap menyediakan port USB, SD Card dan HDMI untuk mendukung berbagai perangkat USB seperti mouse eksternal, kamera, keyboard eksternal, monitor eksternal, dan flashdisk.

Setiap notebook memiliki spesifikasi yang berbeda, semakin baik model yang kita pilih, semakin tinggi spesifikasinya. Chromebook kelas menengah ke bawah memiliki tampilan layar dengan resolusi 1366 x 768, sedangkan kelas atas bisa memiliki hingga resolusi 3200 x 1800. Hampir semua Chromebook memiliki tempat penyimpanan internal setidaknya 32 hingga 64 GB, storage penyimpan internal berupa EMMC. Jika melihat standart laptop atau notebook saat ini, hard drive 32 - 64 GB terlihat sangat kecil sekali, namun itu sudah cukup bagi Chromebook karena sebagian besar penyimpanan dilakukan di cloud. Chromebook tidak didesain untuk mengunduh apliksi besar atau menyimpan file terlalu banyak pada hard drive internal.

Prosesor atau CPU sebagian besar Chromebook menggunakan dual core Intel Celeron N4000 series atau AMD A-Series dan memiliki rata-rata RAM 4 GB.

Daya Tahan

Baterai Chromebook mampu bertahan hingga 13 jam. Daya tahan baterai bisa berbeda-beda tergantung aktivitas penggunaan. Untuk daya tahan fisiknya, Chromebook tahan terhadap benturan atau goresan. Bisa dikatakan bahwa Chromebook memiliki bentuk yang sangat aman dan kuat, mampu membantu menyelesaikan pekerjaan secara mobile dan online. Ketakutan akan kehilangan data-data file dokumen manakala Chromebook mengalami kerusakan, sudah bukan masalah lagi. Karena cukup dengan login di Chromebook yang baru, seluruh data-data file dokumen pada Chromebook yang lama akan tersedia di Chromebook yang baru.

Harga

Harga Chromebook di Indonesia berkisar antara 3 - 8 jutaan. Harga bisa dikatakan lebih mahal jika melihat spesifikasi yang dimiliki oleh Chromebook. Pada notebook atau laptop yang lain mungkin sudah bisa mendapatkan spesifikasi RAM 8GB atau HDD/SSD 512GB.

Kesimpulan

Jika kita perhatikan mulai dari spesifikasi, hardware, daya tahan, harga dan tentunya cara kerja. Chromebook lebih cocok digunakan oleh pelajar SD atau SMP mengingat fungsi-fungsi tugasnya fokus pada pengetikan dan tugas-tugas ringan. Dengan catatan, memiliki akses dan kualitas internet yang baik tanpa FUP atau unlimited.

Untuk pelajar SMA hingga Mahasiswa, Chromebook bukan pilihan yang tepat. Karena anak pada usia SMA sudah mulai menemukan hobi hingga profesi, entah itu main game, desain grafis atau programming dengan menggunakan aplikasi yang hanya bisa dipasang pada sistem operasi lain seperti Windows atau Linux.

Yang terpenting adalah kualitas jaringan internet di Indonesia. Bahkan banyak di beberapa tempat yang masih sulit untuk mendapatkan akses internet. Jikapun ada, kualitasnya pasti buruk sekali atau kuota terbatas.

Jadi, jika ingin membeli Chromebook. Pastikan sudah memiliki akses internet yang bagus.

Semoga Bermanfaat..!!